Skip to main content

Windows 10 Ternyata Banyak Versi, Penting Untuk Upgrade

Windows 10 ternyata penting untuk di-upgrade, bukan hanya sekedar update. Lah apa bedanya sih? Berikut itu ini saya akan ulas teknik upgrade dan update Windows 10.


Tampilan Update Windows 10

Kebanyakan kita berfikir kalau Windows terbaru itu adalah Windows 10. Tak salah juga sih, tapi ternyata Windows 10 ada banyak versi dan setiap versi memiliki batas waktu support dari Microsoft.

Lah, support untuk apa sih?

Ini dia pentingnya memahami, kenapa sih harga software original itu mahal. Selain bikinnya rumit, ternyata dalam pembuatan software, fihak vendor juga memberikan jaminan layanan setelah kita membeli produk mereka.

Jadi, support ini tak diperlukan oleh pengguna windows bajakan.

Berawal dari pengalaman saya saat ingin memerisa update Windows 10 yang sudah lama tak saya sentuh sejak asyik bermain dengan Macbook. Ternyata ada pemberitahuan yang bunyinya kurang lebih berarti
"Windows kamu sebentar lagi tak akan mendapatkan support"

Lah, saya fikir Windows 10 itu termasuk baru, kok sudah mau tamat, fikir saya.

Ternyata setelah mempelajari petunjuk di website resmi microsoft, saya dapatkan info jika Windows 10 terdiri dari beberapa versi release
Baca di   https://docs.microsoft.com/en-us/windows/release-information/ 
 Dari situ lah saya baru tahu kalau versi release Windows 10 yang saya gunakan adalah versi 18.03 yang supportnya sudah habis di akhir Maret 2020 kemarin.

Windows 10 Release / Build Info

Apakah update Windows cukup?

Saya termasuk orang yang jarang melakukan update Windows, karena saya lebih banyak pake Linux. Tapi berhubung banyak yang banyak nanya permasalahan di Windows, mau tak mau saya akhirnya pake Windows untuk bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan.

Selama ini saya berfikir kalau windows hanya perlu di-update ternyata, berdasarkan informasi yang saya bahas sebelumya. Ternyata update punya batasan berdasarkan versi release masing masing.

Untuk itu perlu dilakukan upgrade yang agar dapat menjadi versi release terbaru dari Windows 10, kamu perlu koneksi internet yang memadai dan waktu yang cukup lama (saya hampir setengah hari).

Langkah langkah nya sebagai berikut:
Download tools upgrade dari Windows https://go.microsoft.com/fwlink/?LinkID=799445
Save lalu Run / eksekusi file tersebut (sekitar 6MB)

Tools Upgrade Version Release Windows 10

Tunggu hingga selesai dan restart laptop atau komputer.

Tunggu proses instalasi pada saat komputer baru aktif, dan biasanya memerlukan waktu yang juga cukup lama.

Windows 10 Version Upgrade
Proses booting instalasi upgrade Windows 10
 Setelah selesai booting, ketikkan about pada kotak search bar di bawah lalu tekan enter maka akan tampil versi release Windows 10 yang sekarang.

Versi Release Windows 10 1909
Setiap upgrade biasanya sudah melalui perencanaan dan evaluasi berdasarkan masukan dari user yang aktif memberikan feedback ke fihak Microsoft sebagai developer Windows 10.

Yang Baru pada Windows 10 1909

Secara umum tampilan sama saja dengan Windows 10 yang lain, namun pada web-nya Microsoft meng-klaim bahwa versi ini bisa mengoptimalkan kinerja prosesor terutama prosesor intel hingga 15% (baca: https://docs.microsoft.com/en-us/windows/whats-new/whats-new-windows-10-version-1909)

Selain itu browser default yaitu Edge, sangat powerfull dan nyaman penggunaanya, membuatmu cukup punya browser ini saja.

Tentunya kalau kita sudah bayar untuk lisensinya, maka service ini harus dimanfaatkan secara maksimal.

Selamat mencoba.





Comments

  1. Sama pak saya sdh upgrade win 10 versi 1903... Kl g diupgrade lemot...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyebab lemot sebagian besar karena hardware (RAM, Prosesor, Hardisk) untuk nyaman bekerja dengan Windows 10 gunakan Prosesor minimal Core I3, 4GB Ram, dan 256 GB SSD.

      Aplikasi yang berjalan di belakang juga cukup berpengaruh, coba cek melalui task manager, non aktifkan / disable aplikasih yang tak diperlukan (hati hati, jangan sampai aplikasi utama terdisable yang bisa mengganggu kinerja windows)

      Delete
  2. Syukron Infonya Pak Herman, untuk masukan aja, kalau seumpamya mengoptimalkan Prosesor, 15% itu sangat membantu... Tapi yang jadi masalah pada Windows 10 yang sekarang ana pakai, permasalahannya pada HDDnya... sering naik 100 % dan membuat lambat....

    ReplyDelete

Post a Comment

Penulis

Herman, IT Practition - Instructor - Ngoceh di Berbagai Platform

Popular posts from this blog

3 Aplikasi Grafis Berbasis Vektor yang Wajib Diketahui Desainer

Mau tau jenis aplikasi pengolah grafis berbasis vektor yang populer bagi seorang desainer terutama di Indonesia? Baca artikel ini yuk!

Sebelumnya mari kita fahami apa itu vektor.

Kalian pasti sering melihat gambar dalam kehidupan sehari-hari, pada umumnya jenis gambar yang kita lihat ada yang berbasis vektor dan bitmap/ raster, nah pada kesempatan ini akan saya bahas tentang vektor dulu ya!!!

Secara teknis, gambar vektor terbentuk secara digital melalui perintah terstruktur dan matematis yang menempatkan garis dan bangun ruang yang menghasilkan gambar 2 atau 3 dimensi.

Gambar vektor tidak akan berubah kualitasnya walaupun diperbesar hingga berkali-kali, sehingga detilnya tetap akan kelihatan, sehingga akan mudah dimodifikasi semau kita.

Walaupun sudah banyak aplikasi yang menyediakan banyak templates sehingga memudahkan kita membuat suatu gambar, namun membuat suatu gambar dari 0 atau istilah keren-nya build from scratchakan menghasilkan suatu kepuasaan tersendiri.

Aplikasi pembuat ga…

Layout dan Komposisi dalam Desain Grafis

Layout dan komposisi dalam desain grafis merupakan hal yang penting diketahui untuk menguasai teknis desain yang benar.
Pada dasarnya komposisi dan layout dapat ditentukan melalui insting, insting ini bisa didapat dengan banyaknya pengamatan ataupun latihan. Dalam penentuan komposisi dan layout terkadang kita tidak bisa terpaku terhadap keinginan kita semata, namun juga memerlukan penilaian dari orang lain.

Komposisi dan layout juga berkembang sesuai selera dan trend, dulu orang suka meletakkan objek di tengah tengah, namun sekarang hal tersebut relatif kesan atau cerita apa yang ingin didapatkan dari gambar yang dihasilkan.

Nah jadi sebenarnya apa sih komposisi itu?

Dalam dunia masak memasak kita sering mendengar istilah komposisi untuk menyebutkan bahan bahan yang digunakan beserta takarannya, begitupun dalam dunia kedokteran yang menyebutkan komposisi pembuat obat dan masih banyak lagi istilah komposisi yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sedangkan dalam dunia desain grafi…

Menggambar Logo Terkenal Tanpa Melihat Contoh???

The Signs, pernah melakukan eksperimen terhadap lebih 150 orang Amerika untuk menggambar logo terkenal tanpa melihat contoh. Hasilnya? Mencengangkan... Tahukah anda berapa uang yang harus dikeluarkan perusahaan untuk membuat suatu logo? 
Untuk ukuran UMKM aja di Indonesia harus mengeluarkan 3 - 7 Juta untuk mendapatkan suatu logo yang bernilai bisnis dalam rangka tujuan branding sehingga mudah diingat orang.

Bisa dibayangkan, berapa yang harus dikeluarkan oleh perusahaan yang berskala internasional untuk membuat suatu logo yang diharapkan akan familiar dan mudah diingat oleh banyak orang.

Pada eksperimen ini, The Signs melibatkan 156 orang di Amerika untuk menggambar logo perusahaan sekala global yang terkenal dengan ketentuan mereka melakukannya tanpa melihat contoh logo yang akan mereka gambar dengan kata lain cukup membayangkan.

Bagaimana hasilnya? Inilah hasil dari eksperimen tersebut (saya hanya menampilkan salah satu contoh dari beberapa logo)


Sebagian besar orang mengetahui me…