Cara Membuat Channel Youtube yang Benar (Hingga Upload Video)

Bagaimana cara membuat channel YouTube sendiri dengan benar dan pro? Sampai mengupload video layaknya youtuber keren dengan cara benar hingga berhasil.

Cara Membuat Channel Youtube Gambar oleh kapil 99 dari Pixabay

Disclaimer : Tutorial ini saya buat di awal Januari 2021, jadi suatu saat mungkin sudah tak relevan lagi jika tidak saya update, maklum dah tua.

Sejak entah kapan, banyak yang coba membuat channel YouTube dengan berbagai motivasi, mulai dari cari nafkah, cari jodoh sampai cari muka. Yang saya salut ada juga yang bertujuan berbagai tentang tips dan trik ataupun pendidikan.

Ya... Apalagi sejak pandemi Covid-19 meluluh lantakkan sendi kehidupan termasuk sektor pendidikan yang membuat siswa harus belajar di rumah secara online atau dalam bahasa Indonesia disebut daring (dalam jaringan). 

Yang akhirnya situasi ini dimanfaatkan dengan baik oleh guru untuk membuat konten tentang pelajaran untuk siswa melalui platform YouTube.

Salah satu hal yang menarik dalam penggunaan YouTube sebagai media pembelajaran adalah siswa bisa mengakses video yang dibagikan guru kapanpun, bahkan jika mereka ingin mengulan kembali pelajaran dari guru mereka tinggal memutar kembali video yang sudah dibuat dan dibagikan guru mereka.

Selain itu dengan menggunakan YouTube maka siswa juga dapat dengan lebih lancar mengakses video karena YouTube menyediakan fitur yang dapat menyesuaikan kecepatan koneksi pengguna.

Untuk membuat channel YouTube, terdiri dari beberapa langkah sederhana, sesederhana warung Padang.

  1. Daftar akun Google (jika belum punya, tapi masa sih gak punya?)
  2. Buat channel YouTube dengan akun Google
  3. Buat deskripsi channel
  4. Buat foto dan cover art
  5. Buat banner.
  6. Selesai.
  7. Dah itu aja.

Daftar akun Google.

Langkah ini saya skip aja ya, gak yakin saya kamu gak punya akun Google, yang penting jangan ubah akun Google atau Gmail kamu dengan nama Channel kamu, jujur saya agak risih ketika menerima email dengan nama channel YouTube seperti misalnya "Kompai Official".

Membuat Channel YouTube gak perlu sampai merubah identitas ataupun nama email di Google ya, akan saya jelaskan di langkah ke dua.

Membuat channel YouTube dengan akun Google.

Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membuat channel YouTube dengan akun Google kamu, kita tidak bisa membuat channel dengan akun Facebook apalagi akun BRI.

Membuat Deskripsi Channel.

Membuat deskripsi channel itu penting, biar yang berkunjung bisa mendapat informasi yang lengkap tentang channel youtube kamu. Deskripsi yang lengkap dan singkat sangat membantu pengunjung.

Beberapa orang, malas membuat deskripsi channel karena menganggapnya tidak penting. Padahal dengan membuat deskripsi yang jelas dan relevan selain bisa membantu orang mengenali channel kamu, hal ini juga bisa membuat channel-mu masuk dalam hasil pencarian teratas sesuai dengan kata kunci yang orang cari jika hal tersebut ada dalam deskripsi channelmu.




Komentar