Skip to main content

Kecepatan Internetmu Tak Sesuai Janji? Kamu Harus Tahu Ini!


"Katanya 10 Mbps, tapi pas saya download kok paling dapat 900-an KBps ya"? Sering merasakan seperti itu? ketahui hal ini ya.

Illustrasi : Kecepatan Internet

Saat ini kecepatan internet jauh semakin tinggi dibanding 20 tahun lalu, mirip kayak badan anak kecil tetangga saya, yang sebelumnya gak sampai semeter tapi sekarang sudah lebih tinggi dari saya.

Hehehe....

Bayangkan aja, di awal tahun 2000-an kalau ada warnet yang pake kecepatan 128Kbps sudah dianggap paling kencang. Dan wajar, karena pada zaman itu internet mayoritas hanya dipakai untuk browsing dan chatting, belum ada nonton video atau game online seperti saat ini.

Nah, seiring berjalannya waktu, kecepatan internet menjadi semakin tinggi seperti sekarang ini.

Untuk penggunaan di rumah saja, produk yang banyak dipake saat ini seperti indihome menawarkan kecepatan mulai up to 10 Mbps.

Yang penting diketahui, kecepatan internet yang menggunakan kata "up to" menunjukkan angka segitu adalah kecepatan maksimal yang bisa dicapai dan pada prateknya jarang sekali bisa tembus kecepatan segitu.

Selanjutnya yang perlu diketahui satuan yang digunakan provider adalah bit per second (detik) sementara satuan yang digunakan oleh perangkat yang digunakan user adalah byte per second.

Serupa tapi tak sama, gampangnya penggunaan huruf b, jika byte menggunakan b besar (B) sedangkan bit menggunakan b kecil (b)

1 byte = 8 bit, 1 Megabyte (MB) = 8 Megabit (Mb)
Sehingga hitungan yang bisa kita dapat adalah

Pada kecepatan internet up to 10 Mbps, pada perangkat akan menunjukkan kecepatan maksimal sebesar 1,25 MBps.
Jadi bukan providernya yang bohong ya, tapi cara membaca kecepatan kita yang salah.

Sekali lagi ingat, biasanya kecepatan yang dijanjikan oleh provider adalah up to alias kecepatan maksimal yang bisa dicapai dan mungkin saja kurang.

Faktor pendukung kecepatan internet.

Ada beberapa hal yang menyebabkan kecepatan internet cepat atau lambat.

  1. Kualitas server yang sedang diakses.
  2. Waktu akses (biasanya malam hari internet akan mencapai kecepatn maksimal, karena jarangnya penggunaan).
  3. Jumlah layanan yang sedang diakses, jangan harap downloadmu menjadi cepat kalau sambil buka 10 video youtube + 5 video di FB secara bersamaan.
  4. Browser yang digunakan, hampir semua browser memiliki kualitas yang serupa, selalu update browser agar mendapatkan fitur yang maksimal.
So.... Kalau tiba tiba kamu lihat kecepatan internetmu 900 KBps, padahal kecepatan internetmu 10 Mbps jangan khawatir, karena 900 KBps itu setara dengan 7,2 Mbps.

Tak jauh jauh amat dari 10 Mbps kan.

Semoga bermanfaat.

#HJ#


Comments

Penulis

Herman, IT Practition - Instructor - Ngoceh di Berbagai Platform

Popular posts from this blog

3 Aplikasi Grafis Berbasis Vektor yang Wajib Diketahui Desainer

Mau tau jenis aplikasi pengolah grafis berbasis vektor yang populer bagi seorang desainer terutama di Indonesia? Baca artikel ini yuk!

Sebelumnya mari kita fahami apa itu vektor.

Kalian pasti sering melihat gambar dalam kehidupan sehari-hari, pada umumnya jenis gambar yang kita lihat ada yang berbasis vektor dan bitmap/ raster, nah pada kesempatan ini akan saya bahas tentang vektor dulu ya!!!

Secara teknis, gambar vektor terbentuk secara digital melalui perintah terstruktur dan matematis yang menempatkan garis dan bangun ruang yang menghasilkan gambar 2 atau 3 dimensi.

Gambar vektor tidak akan berubah kualitasnya walaupun diperbesar hingga berkali-kali, sehingga detilnya tetap akan kelihatan, sehingga akan mudah dimodifikasi semau kita.

Walaupun sudah banyak aplikasi yang menyediakan banyak templates sehingga memudahkan kita membuat suatu gambar, namun membuat suatu gambar dari 0 atau istilah keren-nya build from scratchakan menghasilkan suatu kepuasaan tersendiri.

Aplikasi pembuat ga…

Layout dan Komposisi dalam Desain Grafis

Layout dan komposisi dalam desain grafis merupakan hal yang penting diketahui untuk menguasai teknis desain yang benar.
Pada dasarnya komposisi dan layout dapat ditentukan melalui insting, insting ini bisa didapat dengan banyaknya pengamatan ataupun latihan. Dalam penentuan komposisi dan layout terkadang kita tidak bisa terpaku terhadap keinginan kita semata, namun juga memerlukan penilaian dari orang lain.

Komposisi dan layout juga berkembang sesuai selera dan trend, dulu orang suka meletakkan objek di tengah tengah, namun sekarang hal tersebut relatif kesan atau cerita apa yang ingin didapatkan dari gambar yang dihasilkan.

Nah jadi sebenarnya apa sih komposisi itu?

Dalam dunia masak memasak kita sering mendengar istilah komposisi untuk menyebutkan bahan bahan yang digunakan beserta takarannya, begitupun dalam dunia kedokteran yang menyebutkan komposisi pembuat obat dan masih banyak lagi istilah komposisi yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sedangkan dalam dunia desain grafi…

Menggambar Logo Terkenal Tanpa Melihat Contoh???

The Signs, pernah melakukan eksperimen terhadap lebih 150 orang Amerika untuk menggambar logo terkenal tanpa melihat contoh. Hasilnya? Mencengangkan... Tahukah anda berapa uang yang harus dikeluarkan perusahaan untuk membuat suatu logo? 
Untuk ukuran UMKM aja di Indonesia harus mengeluarkan 3 - 7 Juta untuk mendapatkan suatu logo yang bernilai bisnis dalam rangka tujuan branding sehingga mudah diingat orang.

Bisa dibayangkan, berapa yang harus dikeluarkan oleh perusahaan yang berskala internasional untuk membuat suatu logo yang diharapkan akan familiar dan mudah diingat oleh banyak orang.

Pada eksperimen ini, The Signs melibatkan 156 orang di Amerika untuk menggambar logo perusahaan sekala global yang terkenal dengan ketentuan mereka melakukannya tanpa melihat contoh logo yang akan mereka gambar dengan kata lain cukup membayangkan.

Bagaimana hasilnya? Inilah hasil dari eksperimen tersebut (saya hanya menampilkan salah satu contoh dari beberapa logo)


Sebagian besar orang mengetahui me…