Skip to main content

Mau Menentukan GOALS? Ketahui Seninya Terlebih Dahulu Ya!



Boleh saya tanya sesuatu???

Bagaimana caranya kamu menentukan GOALS atau tujuan kamu??

Hmmm....

Mungkin bagi kamu ini adalah pertanyaan yang aneh. Tapi percaya lah, bahwa ini adalah  hal penting dalam menentukan keberhasilan dalam merencanakan sesuatu.

Banyak orang yang ketika menentukan suatu tujuan, biasanya sih mereka menjawab

"Menjadi juara kelas"
"Menulis buku"
"Tambah tinggi badan 10 cm"
"Jalan-jalan ke luar negeri"

dan masih banyak impian-impian yang sebenarnya mereka sudah mulai masuk ke tahap yang benar.

Tapi.....


Di sini sebenarnya ada masalah. Loh kok?


Ya, karena sebenarnya dalam setiap impian, terbangun dari hal-hal kecil terlebih dahulu. Dalam hal ini kita sebut sebagai "mini goals".


Coba kita ambil dari salah satu tujuan di atas seperti menulis buku. Sebelumnya coba lah tentukan hal-hal yang kecil yang mendukung kamu dalam menulis buku. Misalnya menentukan kapan buku itu selesai, tipe buku seperti apa yang kamu harus tulis, alasan kamu menulis buku itu dan segala sesuatu sebagai hal pertimbangan dalam banyak hal dalam menulis buku.


Banyak hal-hal kecil yang perlu dijabarkan sebagai pembentuk tujuan utama kamu. Ketika kamu sudah bisa memulai untuk menguraikan hal-hal kecil yang berasal dari tujuan besar kamu, maka kamu akan menemukan hal-hal kecil lain yang perlu kamu tentukan.  Dan setelahnya, yakinlah bahwa kamu akan merasakan prestasi yang membanggakan dalam hidupmu. Selanjutnya hal itu akan menjadi motivator terhebat dalam hidupmu.


Jadi, sebagai contoh dari mini goals untuk menulis buku adalah sebagai berikut:

  • Tentukan konsep buku
  • Tentukan plot/ jalan cerita atau tema (fiksi atau non fiksi)
  • Tentukan gaya bahasa (siapa pembaca buku, gaya bahasa menyeseuaikan)
  • Tentukan alasan, kenapa menulis buku? (Misalnya sebagai pencitraan, mencatat kisah hidup, sebagai portofolio dan sebagainya)
  • Berapa menit/ jam perhari menulis buku.
  • Menyelesaikan bab I.
  • Kapan bisa menyelesaikan seluruh buku.
  • Dan sebagainya.
Setiap menyelesaikan setiap tujuan kecil tersebut maka semakin dekat dengan menuju impian utama kamu.

Begitulah cara sederhana dalam menyelesaikan tujuan utama kamu. Hal-hal tesebut akan mudah dilaksanakan jika hal-hal kecil diselesaikan terlebih dahulu. Jadi mulailah menguraikan hal-hal besar ke hal-hal yang kecil terlebih dahulu.

Dan tugas terberat yang terkesan sepele adalah konsisten untuk bertahan mengerjakan hal-hal kecil tersebut.

Selamat mencoba ya.



Comments

Penulis

Herman, IT Practition - Instructor - Ngoceh di Berbagai Platform

Popular posts from this blog

3 Aplikasi Grafis Berbasis Vektor yang Wajib Diketahui Desainer

Mau tau jenis aplikasi pengolah grafis berbasis vektor yang populer bagi seorang desainer terutama di Indonesia? Baca artikel ini yuk!

Sebelumnya mari kita fahami apa itu vektor.

Kalian pasti sering melihat gambar dalam kehidupan sehari-hari, pada umumnya jenis gambar yang kita lihat ada yang berbasis vektor dan bitmap/ raster, nah pada kesempatan ini akan saya bahas tentang vektor dulu ya!!!

Secara teknis, gambar vektor terbentuk secara digital melalui perintah terstruktur dan matematis yang menempatkan garis dan bangun ruang yang menghasilkan gambar 2 atau 3 dimensi.

Gambar vektor tidak akan berubah kualitasnya walaupun diperbesar hingga berkali-kali, sehingga detilnya tetap akan kelihatan, sehingga akan mudah dimodifikasi semau kita.

Walaupun sudah banyak aplikasi yang menyediakan banyak templates sehingga memudahkan kita membuat suatu gambar, namun membuat suatu gambar dari 0 atau istilah keren-nya build from scratchakan menghasilkan suatu kepuasaan tersendiri.

Aplikasi pembuat ga…

Layout dan Komposisi dalam Desain Grafis

Layout dan komposisi dalam desain grafis merupakan hal yang penting diketahui untuk menguasai teknis desain yang benar.
Pada dasarnya komposisi dan layout dapat ditentukan melalui insting, insting ini bisa didapat dengan banyaknya pengamatan ataupun latihan. Dalam penentuan komposisi dan layout terkadang kita tidak bisa terpaku terhadap keinginan kita semata, namun juga memerlukan penilaian dari orang lain.

Komposisi dan layout juga berkembang sesuai selera dan trend, dulu orang suka meletakkan objek di tengah tengah, namun sekarang hal tersebut relatif kesan atau cerita apa yang ingin didapatkan dari gambar yang dihasilkan.

Nah jadi sebenarnya apa sih komposisi itu?

Dalam dunia masak memasak kita sering mendengar istilah komposisi untuk menyebutkan bahan bahan yang digunakan beserta takarannya, begitupun dalam dunia kedokteran yang menyebutkan komposisi pembuat obat dan masih banyak lagi istilah komposisi yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sedangkan dalam dunia desain grafi…

Keamanan Zoom, Harus Sepanik Itu kah? - Episode 1

Sejak pandemik Covid-19 aka Corona, banyak yang pake Zoom untuk bekerja atau belajar di rumah. Belakangan beredar kabar, keamanan Zoom ini dipertanyakan. 
Aplikasi video meeting ini memang begitu tenar digunakan oleh orang orang di seluruh dunia sejak wabah Corona yang mengharuskan orang bekerja atau belajar di rumah untuk mencegah penularan virus yang berkode Covid-19 ini.

Berdasarkan perbandingan beberapa aplikasi sejenis seperti webex, hangouts, lark, google meets, skype, memang diakui Zoom ini memiliki beberapa kelebihan seperti tampilan yang menarik, fitur yang lengkap, efisiensi penggunaan kuota internet.

Zoom memungkinkan orang dapat melakukan panggilan video dengan menggunakan media perantara seperti laptop atau PC maupun smartphone dan bisa menampung 100 orang untuk dapat melakukan komunikasi dua arah.

Aplikasi yang didirikan oleh perusaahan Zoom Video Communication, Inc. yang berkantor pusat di San Jose Amerika Serikat membuat ownernya Eric S Yuan seorang berdarah China men…